Rabu, 02 September 2009

Imigrasi Surabaya Selsaikan 1.345 Paspo Calhaj Sidoarjo

oleh Nabila M. Rachman



TRIBUN, Sidoarjo - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya telah mencetak 1.345 paspor dari total 2.976 paspor haji untuk wilayah Kabupaten Sidoarjo. Materi paspor hijau itu siap dibagikan kepada calon jemaah haji.

Kasi Haji Departemen Agama Kabupaten Sidoarjo, Misbakhul Munir, Rabu, mengatakan, jumlah tersebut sebagian sudah ada yang dibagikan kepada calon jemaah haji.

"Menurut informasi yang ada sisa paspor tersebut akan selesai dibuat oleh imigrasi maksimal sebelum Ramadhan usai," katanya saat ditemui di  ruang kerjanya, Rabu (2/9).

Ia mengemukakan, di Kabupaten Sidoarjo sendiri jumlah calon jemaah haji yang sudah melunasi biaya pelunasan ibadah haji (BPIH) sebanyak 3.013 orang.

"Dari jumlah tersebut yang membutuhkan paspor sebanyak 2.976 orang. Sedangkan sisanya sebanyak 37 peserta sudah memiliki paspor sendiri, sehingga tidak perlu membuat paspor lagi," katanya.

Selanjutnya, calon jemaah haji yang memiliki paspor tersebut, melakukan manasik haji di tingkat kecamatan masing-masing.

"Dalam satu hari ada tiga kecamatan yang melakukan manasik haji dan sudah dimulai sejak awal pekan ini," katanya.

Ia mengaku, kegiatan manasik tersebut dilakukan sebagai salah satu agenda untuk pemantapan batin bagi calon jemaah haji.

"Sesuai dengan jadwal, manasik di tingkat kecamatan tersebut akan selesai dilakukan sebelum Lebaran tiba," katanya.

Saat ini, kata dia, sudah ada sebagian calon jemaah haji yang sudah berada di Asrama Haji Surabaya untuk pengurusan visa.

"Itu bisa dilakukan setelah paspor calon jemaah haji selesai dibuat dan dibagikan," katanya.

Di Kabupaten Sidoarjo sesuai rencana akan dibuat delama kelompok terbang (kloter).

"Ini sesuai dengan kemampuan maskapai penerbangan Garuda yang mampu menampung sekitar 450 orang dalam sekali terbang," katanya. (nab/nta)
 

JANGAN BIARKAN WAKTU MERUGI DATANG...

KATEGORI

© 3 Columns Newspaper Copyright by TRIBUNRELIGI.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks