Sabtu, 05 September 2009

Calhaj Sumenep Belum Urus Paspor

oleh Achmad Sobirin

TRIBUN, Sumenep - Calon haji (calhaj) dari empat kecamatan kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, hingga Sabtu (5/9) sore, belum datang ke Kantor Departemen Agama (Depag) setempat, untuk mengikuti proses pembuatan paspor.

Kepala Kantor Depag Sumenep, Imron Rosyidi menjelaskan, calhaj yang belum datang ke kantornya berasal dari empat kecamatan kepulauan terjauh, yakni Sapeken, Masalembu, Kangayan, dan Arjasa.

"Untuk sementara, kami menilai belum datangnya calhaj dari empat kecamatan kepulauan tersebut bukan suatu masalah, karena saat ini mereka sedang berada di kapal yang menuju ke Kalianget (Sumenep daratan)," katanya di Sumenep.

Sesuai informasi yang diterimanya, kapal yang mengangkut calhaj asal empat kecamatan kepulauan tersebut tiba di Kalianget pada pukul 21.00 WIB.
"Kami sudah minta pada mereka langsung ke Depag, untuk pembuatan paspornya. Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, Surabaya, yang ditugaskan memproses pembuatan paspor calhaj Sumenep, siap bekerja hingga Minggu (6/9) dini hari," katanya mengungkapkan.

Imron mengatakan, untuk calhaj dari lima kecamatan kepulauan lainnya di Sumenep sudah berada di Depag dan sebagian telah memproses pembuatan paspornya.

"Untuk calhaj dari kepulauan terjauh, pemberangkatannya ke Sumenep memang harus menyesuaikan dengan jadwal kapal. Semoga saja tidak ada kendala dan mereka yang masih berada di kapal, bisa tiba tepat waktu di Kalianget, sekitar pukul 21.00 WIB," katanya menuturkan.

Sejak Sabtu pagi, sebanyak 25 petugas Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, Surabaya, datang ke Sumenep untuk memproses pembuatan paspor bagi calhaj setempat.

Calhaj asal Sumenep tahun 2009 sebanyak 793 orang, dengan rincian sebanyak 529 calhaj berasal dari 18 kecamatan daratan dan 264 calhaj dari 9 kecamatan kepulauan. (sob/nta)

 
 

JANGAN BIARKAN WAKTU MERUGI DATANG...

KATEGORI

© 3 Columns Newspaper Copyright by TRIBUNRELIGI.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks